SD Ungaran I Jadi Model Sekolah Berwawasan Lingkungan

Kota, Bernas

Prestasi gemilang diraih Sekolah Dasar (SD) Negeri Ungaran I Yogya dengan keberhasilannya meraih predikat sebagai salah satu SD di Indonesia sebagai Sekolah Model Berwawasan Lingkungan (SMBL) tahun 2001. Predikat itu tertuang dalam surat Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah No 3583/C/LL-/2001.

Program SMBL merupakan program dari Proyek Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) Ditjen Dikdasmen yang bertujuan untuk membentuk sekolah sebagai media pembinaan dan pengembangan model pendidikan yang berwawasan lingkungan. Dan sekolah yang ditunjuk sebagai model diharapkan akan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain di Indonesia.

Kepala SD Ungaran I, Soeyono BA kepada Bernas kemarin menjelaskan bahwa pihaknya tentu bangga dengan terpilihnya SD Ungaran I sebagai model sekolah yang berwawasan lingkungan. Apalagi bagi SD Ungaran I merupakan SD satu-satunya di DIY yang memperoleh penghargaan tersebut. “Dan prestasi ini memang cukup mengagetkan kami,” tuturnya.

Dengan prestasinya ini, SD Ungaran I akan memperoleh block grant berupa dana dari proyek PKLH. Dana itu akan dijadikan perangsang sekolah bersangkutan dalam pembinaan lingkungan hidup di sekolahnya.

“Penghargaan itu juga menunjukkan adanya pengakuan dari pemerintah terhadap semua kegiatan sekolah kami yang memiliki orientasi cinta ling- kungan,” terang Soeyono.

Beberapa program di SD Ungaran I memang kental dengan muatan cinta lingkungan. Seperti secara rutin mengadakan kegiatan untuk murid-murid mengunjungi desa wisata di Sleman, museum. Bahkan ke sekitar kali Code. Mereka tak hanya akan mengenal lingkungan lebih akrab. Namun juga ditugasi untuk menggambar, mengarang dan sebagainya.

Demikian juga disekolah, murid-murid diberi pemahaman akan kecintaannya pada tumbuhan dan lingkungan hidup sekitar sekolah. “Makanya tamanisasi juga kami galakkan di sekolah kami,” imbuh Soeyono.

Seorang peneliti pendidikan lingkungan di SD Ungaran I Dyah Puranti mengatakan dalam hal ekstra kurikuler–khususnya berkaitan dengan lingkungan hidup–SD ini lebih terbuka dalam menerima program yang bermuatan cinta lingkungan pada murid-muridnya. Salah satunya dibuktikan dengan jalinan kersama SD Ungaran I dengan beberapa LSM seperti Hijau Peduli Lingkungan, LSM Aku Sahabat Alam dan Kutilang Indonesia. (hjl)